Rahasia cara berbisnis online bagi pemula

Hari ini kita akan belajar Rahasia cara berbisnis online bagi pemula dan belum banyak yang tahu tentang cara memulai bisnis online.
  • September 28, 2021

Hari ini kita akan belajar Rahasia cara berbisnis online bagi pemula. Anda lihat gambarnya dan anda tiru ini adalah teknik ATM amati,tiru,modifikasi.  Kalau misalnya anda mengidolakan seseorang yang jago berjualan gadget. Kalau dia jago berjualan gadget tapi anda sukanya kuliner itu masih bisa. Yang penting berjualan barang anda lihat bagaimana dia berjualan bagaimana cara dia mempromosikan. Cara dia memfoto,membikin content dan sebagainya itu bisa menjadi inspirasi anda.

1. find out your passion dalam berbisnis online.

Pertama adalah find out your passion dalam bahasa indonesianya artinya adalah cari dahulu apa yang membuat anda bergairah, tetapi itu terjemahan bahasa indonesianya. passionate itu bergairah intinya begini kalau kita tidak bergairah,tidak senang dengan apa yang kita akan kerjakan nanti anda akan merasa kalau yang anda kerjakan menjadi beban mungkin anda pernah mendengar satu peribahasa yang berkata bahwa “kalo kita mengerjakan sesuatu yang kita suka maka kita tidak akan merasa itu sebagai beban.

Tapi kita merasakan mengerjakan suatu hobi jadi tidak pernah merasa sedang kerja seperti contohnya, hobi anda memasak kemudian tanpa disuruh saya yakin anda ingin masak sendiri, ada maupun tidak ada orang datang anda tetap memasak, kenapa?. karena anda hobi sama seperti kalau anda hobi bermain game anda tidak perlu dibayar untuk bermain game anda bahkan membayar untuk bermain game.

Namun hal seperti itu kurang produktif, sedangkan di dalam berbisnis online yang pertama harus anda cari adalah barang apa, produk apa atau mungkin hal apa yang membuat anda tertarik.  Atau senang contohnya fashion, ada orang yang begitu membicarakan fashion dia senang. Dia bisa langsung menilai baju ini bisa laku tidak? karena kenapa? dia sudah punya cita rasa dan juga pemilihan warnanya ini penting sekali, karena pada saat anda memulai berbisnis online yang harus memilih barangnya.

Seperti contoh yang lain misalnya anda mempunyai passion kuliner mungkin anda cocok kuliner. Ada banyak bermacam macam misalnya anda punya passion mengenai snack. Bermacam macam snack bisa saja mengenai pisang sale, singkong chips dan lain sebagainya tapi jika anda tidak mempunyai passion mengenai kuliner anda akan susah menjual ini.

Jadi nomor satu anda harus punya passion dahulu. Kalau anda mempunyai passion anda akan terus bekerja tanpa merasa anda sedang bekerja. Sehingga pekerjaan anda akan terasa sangat ringan dan anda bisa maju jauh lebih cepat.

2. Mencari role model untuk berbisnis online.

Cara ke dua ketika anda berbisnis online dan saya rasa ini yang paling penting kenapa? anda harus mencari role model yang sukses dahulu. Maksudnya apa anda harus mencari contohnya siapa yang dulu sudah berjualan fashion laku banyak dan anda mengidolakannya. Siapa dahulu yang sudah pernah berjualan chips pisang yang laku banyak dan anda bisa mengidolakannya.

Siapa yang dulu pernah berjualan bulu mata palsu yang laku banyak dan anda bisa mengidolakannya ini penting sekali,kenapa? Kalau anda tidak punya role model anda bayangkan, anda diberi sebuah kertas putih kosong kemudian anda yang tidak mempunyai pengalaman sama sekali, tidak mengerti sama sekali dan tidak tau prospeknya seperti apa.

Stop mengeluh dalam berbisnis online

Bisa besarnya seperti apa anda harus memulai bisnis itu dan anda harus menggambar kertas putih itu sendiri.  Jadi seperti anda diperintah menggambar di kertas putih diperintah untuk menggambar gajah tapi anda tidak tau gajah ini bentuknya seperti apa susah tidak? pasti susah, tetapi kalau anda sudah tau ada orang yang sudah pernah menggambar gajah sebelumnya.

Anda lihat gambarnya dan anda tiru ini adalah teknik ATM amati,tiru,modifikasi.  Kalau misalnya anda mengidolakan seseorang yang jago berjualan gadget. Kalau dia jago berjualan gadget tapi anda sukanya kuliner itu masih bisa. Yang penting berjualan barang anda lihat bagaimana dia berjualan bagaimana cara dia mempromosikan. Cara dia memfoto,membikin content dan sebagainya itu bisa menjadi inspirasi anda.

Kalo semisal orang yang anda idolakan itu sama kategori bisnisnya dengan anda sebagai contoh, misalnya anda berjualan baju dan kebetulan ada mas andri yang sukses di batik tusta.com. Anda bisa melihat,bagaimana cara dia memulai bisnis. Bagaimana prospek dia kedepannya.  Bagaimana cara dia mempresentasikan dan membuat contentnya. Karena ini menurut saya salah satu hal yang krusial , terutama untuk anda pebisnis pemula.

3. Pilih customer.

Cara ketiga adalah pilih customer anda kok pilih customer? bukannya pilih produk pak. Ada banyak orang yang bertanya kepada saya kenapa pilih customer terlebih dahulu bukan pilih produknya. kebanyakan dari kita dalam bisnis tradisional kita pasti memilih produk terlebih dahulu. Itu pernah terjadi kepada saya pada saat saya membuka toko, saya memilih produk dahulu dan saya memilih produk yang kebanyakan orang bisa suka.  tapi sebenarnya produk itu yang suka siapa? saya sendiri ini ada resiko besar karena saya akan berharap bahwa customer yang nanti membeli harus sesuai seleranya dengan saya.

Saya akan kasih contoh bahwa tidak semuanya apa yang kita suka orang lain juga suka. Ataupun apa yang kita tidak suka orang lain pasti tidak suka, tidak mesti sebagai contoh saya tidak suka memakan babat anda tau babat? babat adalah jeroan, menurut saya kalau memakan babat itu seperti memakan karet. Tidak bisa digigit jadi tidak bisa saya telan jadi dalam pemikiran saya.  Kalau babat itu tidak enak karena tidak enak saya yakin semua orang tidak suka. Karena tidak suka,pasti bisnis berjualan babat ini tidak laku itu yang ada di pemikiran say.

Tetapi saya kaget sekali karena beberapa waktu lalu ada teman saya mengajak saya ke restora. Dan di restoran ini terkenal dengan babat goreng pedas.  Saya tidak bisa memakannya tetapi ternyata semua orang yang ada di restoran pesan makanan babat goreng pedas itu. Adalah bukti bahwa apa yang saya tidak suka belum tentu orang lain tidak suka begitu pula apa yang saya suka belum tentu semua orang suka jadi kita harus perhatikan itu kenapa kita memulai dari customer dahulu?

Pertama begini kita perlu tau customer mana yang paling comfortable.  Jika anda di perintah berjualan meubel anda tidak pernah berjualan meubel sebelumnya, Tapi anda pernah dengar kalau di online laku banget pertanyaannya apakah anda comfortable dengan berjualan meubel ini? dan kemudian customernya siapa? repot bukan?

Stop Mager dalam berbisnis online

Misalkan anda sekolah dan kemudian anda tau teman teman sekeliling anda suka makan snack bisa paham? semua beli snack tertentu misalnya snack pisang sale, jenis tertentu anda tau dan semua teman anda suka. Anda memulai bisnis dari situ jadi jangan memilih yang jauh dahulu meskipun orang orang berjualan kayu jati miliaran tapi anda harus memulai dengan sesuatu yang dekat dengan anda karena kenapa? lebih mudah researchnya jadi anda bisa test market dengan cepat itu.

Intinya sesudah anda memulai dari customer ini. Anda harus membuat customer persona ideal. Anda jadi customer ideal ini personanya apa? maksudnya begini misalkan anda tau teman teman sekitar anda yang seumuran dengan anda dia sukanya makan pisang sale.  Anda research dulu orang yang suka beli pisang sale ini pertama, kondisi keuangannya bagaimana? dia bisa mengeluarkan uang berapa banyak? dalam minggu dia beli berapa kali? dan kemudian dia tinggal di mana? sekolahnya dimana? berteman dengan siapa? ikut organisasi apa? dan sebagainya ini akan kalian susun semua menjadi suatu customer persona.  Karena ini nanti akan penting ketika anda memulai iklan pada saat anda beriklan di digital. Ini yang keren, anda bisa memasukan persona persona itu semua.

Sehingga kita biarkan mesin iklan itu baik di facebook atau google ataupun instagram, yang mencari customer untuk anda ini. Bedanya antara bisnis online dengan bisnis offline jadi pastikan yang pertama anda memilih customer dahulu.

4. Mencari kategori produk.

Sekarang langkah ke empat adalah pilih kategori anda.  Saya tidak berbicara produk tetapi kategori,pilih kategori kenapa kategori penting? misalkan begini anda akhirnya memilih berjualan pisang sale. Tetapi anda tidak mau terbatas di pisang sale saja pilih kategori,yaitu snack (makanan ringan) karena kenapa?

Misalkan nanti pada saat pisang sale anda berkembang. Anda bisa perluas ke kategori barang serupa yaitu snack juga misalnya tadi pisang sale yang dikeringka,  sekarang selai pisang sale misalnya seperti itu. macam macam intinya anda bisa berkembang dari satu kategori tersebut. Jadi sebelum memilih produk yang terpenting pilih kategori.

5. pilih channel penjualan pada bisnis online anda

Ini adalah cara terakhir atau cara ke lima, yang menurut saya krusial. Jika anda memulai berjualan bisnis online anda harus pilih channel penjualan anda satu saja dan berpegang pada itu maksudnya apa? maksudnya begini sama seperti ketika anda membuka toko offline. Jika anda memulai membuka toko di mangga dua pertama kali jangan langsung membuka toko di tanah abang.  Jangan langsun membuka toko di PGS(pusat grosir surabaya) jangan membuka toko terlalu banyak dahulu,kenapa?

Anda harus konsentrasi di satu tempat terlebih dahulu. Kalau di digital atau bisnis online anda harus pilih terlebih dahulu.  Anda mau menjual di mana, instagram, website toko online,  atau  marketplace. anda harus memilih kenapa? karena setiap market ini berbeda beda berbeda apa maksudnya? Anda juga bisa memakai jasa pembuatan web toko online.

Beda karakter dari para penggunanya jadi anda harus memilih satu dan konsentrasi, disitu contoh misalnya anda memilih instagram. anda tau pengguna instagram itu rata rata berumur tahun kebawah. Jadi kalau produk anda cocok dengan tahun kebawah instagram itu akan cocok. Kemudian yang memakai instagram itu sekitar 6% wanita.

jadi anda tau bahwa barang barang yang disukai wanita itu cocok untuk berjualan di instagram. Terutama wanita muda mungkin snack juga cocok karena wanita kebanyakan suka makan snack. Meskipun saya juga suka makan snack tetapi saya bukan wanita.

Kesimpulan

Dan ada satu rahasia berbisnis online terakhir yang terpenting. Yang saya lupakan cara terpenting ini tidak akan menjadi penting dan berguna apabila anda tidak melakukan AKSI itu adalah yang nomer satu.

histat script