Pengertian sistem informasi akademik SIAKAD yang perlu anda tahu!

SIAKAD atau Sistem informasi akademik adalah suatu sistem yg dirancang secara spesifik buat keperluan pengelolaan data akademik
  • Oktober 18, 2021

Sistem informasi akademik atau SIAKAD adalah suatu sistem yg dirancang secara spesifik buat keperluan pengelolaan data akademik mahasiswa dan perguruan tinggi atau sekolah. Jadi data tersebut didesain dengan penerapan teknologi personal komputer, aplikasi dan hardware.  Sehingga aktivitas akademik secara keseluruhan bisa terkelola dengan baik. Dan sanggup digunakan dalam  manajemen universitas sekaligus serta dimanfaatkan pada pengambilan keputusan lingkungan universitas.

MANFAAT SISTEM INFORMASI AKADEMIK SIAKAD

  1. Mempermudah setiap mahasiswa pada hal pengisian juga perbaikan KRS online
  2. Keberadaan sistem tersebut jua mempermudah sekaligus mempercepat proses pendaftaran , her-registrasi hingga proses pembayaran yg dilakukan mahasiswa
  3. Mempermudah mahasiswa memperoleh data IP juga IPK per semester, mengetahui fakta jadwal mata kuliah, nilai UTS, nilai tugas, nilai UAS, nilai remedial & aneka macam warta terbaru yg dimuat jurusan atau fakultas.
  4. Mahasiswa dengan mudah sanggup melihat & mempelajari nilainya melalui SIAKAD mobile.
  5. Civitas akademik dapat dengan mudah mendapat notifikasi berita seputar kampus.

Contoh sistem INFORMASI AKADEMIK SIAKAD
Contoh-tampilan-sistem-informasi-akademik-SIAKAD

Contoj siakad unja, uho, uin ar raniry, um, untan

  1. sistem akademik unsri

Sistem Akademik dibangun buat memudahkan struktur pengelolaan data
elektronik buat data-data administrasi akademik seluruh mahasiswa Universitas Sriwijaya. SIAKAD  (SIMAK) online, merupakan pelaksanaan yg digunakan oleh mahasiswa buat melakukan administrasi akademiknya misalnya pengisian Kartu Rencana Studi (KRS) secara online, melihat & menampilkan fakta nilai pada Kartu Hasil Studi (KHS), dan menampilkan data transkrip nilai.

2. Sistem informasi akademik uin

Sistem Informasi Akademik dibangundengan tujuan buat memberikan layanan kepada mahasiswa.  Dan pihak administrator pada tiap fakultas dalam menyelenggarakan sistem administrasi akademik. Fitur-fitur lain dari  Sistem akademik uin adalah KRS , KHS , penjadwalan, presensi, nilai mahasiswa dll. Layanan ini berbasis web agar lebih leluasa buat dapat diakses melalui jaringan internet.

SIAKAD bisa diakses secara online pada alamat: https://akademik.uin-suka.ac.id/ yang di dalamnya terdapat beberapa modul buat masing-masing fakultas. Untuk masuk ke sistem ini pertama kali, mahasiswa memerlukan username dan password yg secara default menggunakanNIM buat username & PIN menurut pembayaran registrasi buat password.

3. Siakad upmi

UPMI) adalah salah satu Universitas swasta yg berada dibawah supervisi dan pembinaan Kopertis Wilayah 1 Sumatera Utara. Badan Hukum penyelenggara Universitas merupakan Yayasan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Syahruddin (YUPMI-S).

UPMI bermula dari sekolah tinggi yg berada dibawah koordinasi YUPMI-S yang terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi, Sekolah Tinggi Teknik, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, & Sekolah Tinggi Pertanian.

Perancangan sistem informasi akademik SIAKAD

Perancangan sistem informasi akademik ini memakai UML (Unified Modelling Language), dengan beberapa diagram, seperti use case diagram, class diagram, activity diagram, dan sequence diagram. Anda dapat menghasilkan sebuah perancangan sistem fakta akademik yang berfungsi buat memudahkan dalam pengolahan data akademik murid dan menaikkan penyampaian informasi dalam pembuatan laporan, sehingga pekerjaan yang sebelumnya dilakukan secara manual sanggup lebih gampang dan terkomputerisasi dengan baik.

Tujuan Perancangan Sistem akademik

Kita dapat tahu tujuan proses Perancangan sistem dilakukan sesudah tahapan analisis sistem berjalan selesai dikerjakan.  Perancangan sistem akademik sangat penting untuk berbagai tujuan. Pada dasarnya tahap perancangan ini tujuannya adalah:
1. Untuk memenuhi kebutuhan pada pemakai sistem

2. Untuk melihat detail daru user requirment yang ada. Sehingga sistem akademik yang dibikin dapat tepat sesuai kebutuhan pengguna.

Kesimpulan

Kita dapat mengambil kesimpulan tentang SIAKAD. Bahwa Guru, Siswa, calon anak didik juga wali anak didik dapat mengakses sistem informasi akademik dengan gampang dan efisien. Penyajian Informasi sekolah yg mencakup data murid, nilai anak didik & absen siswa. Anda juga dapat menyajikan data dalam bentuk basis data yang bisa diupdate dimanapun. Dan kita berharap dengan SIAKAD ini sekolah bisa meminimalisir penggunaan kertas lantaran pendataan pada administrator dilakukan secara sistem komputerisasi. Jika anda membutuhkan jasa pembuatan siakad bisa hubungi kami

histat script