Pengertian integrated development environment

Pengertian Integrated Development Environment IDE adalah perangkat lunak komputer sebagai lingkungan pengembangan aplikasi komputer.
  • Oktober 8, 2021

Pengertian Integrated Development Environment (IDE) adalah perangkat lunak komputer sebagai lingkungan pengembangan aplikasi komputer. IDE  memiliki fasilitas fasilitas yang kita butuhkan dalam pembangunan perangkat lunak (Software) . Kita perlu memahami beberapa tipe dan jenis IDE untuk menjadi programmer yang baik.

Pengertian integrated development environment

Karena, Pengertian Integrated Development Environment (IDE) merupakan sebuah perangkat lunak aplikasi yang memberikan fasilitas kepada programmer komputer pada saat membuat program. Karena IDE terdiri dari source code editor build automation tools dan debugger. Kitajuga dapat mggunkan IDE untuk membuat sebuah website.

  1. Fasilitas fasilitas Integrated Development Environment yang kita butuhkan

Kita dapat melihat beberapa fungsi fungsi IDE:

  • Editor berguna sebagai alat untuk menuliskan kode atau fungsi-fungsi yang bisa diterjemahkan oleh mesin komputer.
  • Compiler berfungsi untuk menjalankan bentuk kode program yang di tuliskan di Editor dan mengubah dalam bentuk binary.
  • Debuger berguna untuk mengecek dan juga mengetes jalannya kode program untuk mencari atau mendebug kesalahan dari program.
  • Dan Frame/Views merupakan fasilitias yang satu ini berguna untuk menujukan atau menampilkan hasil dari perintah-perintah kode program.

2. Beberapa IDE yang bisa kita gunakan

Visual Studio Code adalah editor kode sumber yang ringan namun kuat yang berjalan di desktop Anda dan tersedia untuk Windows, macOS, dan Linux. Muncul dengan dukungan bawaan untuk JavaScript, TypeScript dan Node.js dan memiliki ekosistem ekstensi yang kaya untuk bahasa lain (seperti C++, C#, Java, Python, PHP, Go) dan runtime (seperti .NET dan Unity).

  • Sublime Tet

Sublime Text adalah editor teks canggih untuk kode, markup, dan prosa. Anda akan menyukai antarmuka pengguna yang apik, fitur luar biasa, dan kinerja luar biasa.

  • Notepad++

Jadi notepad++ adalah editor kode sumber gratis dan mendukung beberapa bahasa.  Notepad++ berjalan di lingkungan MS Windows .

Berdasarkan komponen pengeditan yang kuat Scintilla, Notepad ++ ditulis dalam C ++ dan menggunakan API dan STL Win32 murni yang memastikan kecepatan eksekusi yang lebih tinggi dan ukuran program yang lebih kecil. Dengan mengoptimalkan rutinitas sebanyak mungkin tanpa kehilangan keramahan pengguna, Notepad++ mencoba mengurangi emisi karbon dioksida dunia. Saat menggunakan lebih sedikit daya CPU, PC dapat menurunkan kecepatan dan mengurangi konsumsi daya, menghasilkan lingkungan yang lebih hijau.

histat script