cara membuat snippet di visual studio code

Bagaiamana cara membuat snippet sendiri di visual studio code dengan mudah. Jadi kali ini kita akan membahas bagaimana membuat snipet di VSC
  • Oktober 30, 2021

Bagaiamana cara membuat snippet sendiri di visual studio code dengan mudah. Jadi kali ini kita akan membahas bagaimana membuat snipet di VSC. Pertama yang perlu kita lakukan adalah memahami apa itu snipet.  Jadi snipet sendiri merupakan tema default yang berisi bagian kode yang berulang. Contoh dari coding ini adalah perulangan, pernyataan if, kode komponen dasar, dll. Tema coding ini sering kita gunakan jadi kita tidak perlu menulis lagi tingal memangil saja. Jadi lebih mudah dan praktis.

 

snippet VSC

VSC memberikan 2 cara untuk menggunakan snipet. Cara yang pertama adalah dengan ketik CTRL + Spasi, Maka otomatis akan memangil snippet yang kita punya. Cata yang keuda adalah denga n kombinasi tombol CTRL+shift+p. Setelah kita klik maka akan muncul pilihan dari snippet VSC.

Bagaimana cara membuat snippet di visual studio code sendiri?

Langkah Pertama buat snippet

Pertama-tama kita akan membuka Snippet Manager di Command Palette. Untuk melakukan ini, ketik CMD + Shift + P (CTRL di Windows) dan pilih “Preferences: Configure User Snippets”. Sekarang bros sis harus memilih bahasa yang ingin kita buat cuplikannya, atau bro sis bisa membuat yang global. Dalam contoh kita, kita memilih javascript.json. Lihat gambar di bawah ini

cara menggunakan visual studio code

Langkah kedua snippet vscode

Sekarang kita tinggal melanjutkan untuk coding Snippet vsc kita. Dalm contoh ini kita akan membuat Snippet  untuk menuliskan cosole.log() dengan cepat. Bro sis bisa membuat dengan codingan ini.  Codingan ini membuat baris baru dengan console.log(‘\\n>> ‘, { }); // eslint-disable-line. Ini adalah Snippet yang sesuai di file javascript.json kita:
tutorial visual studio code indonesia

Langkah ketiga jalan snippet vscode

Mari kita lihat cuplikan itu sendiri. Placeholder $n adalah singkatan dari tab Index dari kursor. Pertama, kursor kita mendarat di $1 saat cuplikan dimasukkan, lalu tab berikutnya mendarat di $2 dan seterusnya. bro sis dapat menggunakan ini untuk memudahkan Anda memasukkan nilai ke dalam cuplikan kita. Kalau bro sis pingin cepat dapat langsung download daftar snipet di  https://code.visualstudio.com/docs/editor/userdefinedsnippets . Disitu banyak Snippet yang sudah dikembangkan oleh komunitas visual studio code.

Kesimpulan dari cara membikin snippet di visual studio code

Untuk membuat Snippet  kita perlu memahami bahasa snippet dan bahasa lain yang akan kita gunakan. Membuat Snippet  dapat memberikan pengalaman dan custom yang berbed untuk kita. Jika kita tidak pingin ribet maka kita bisa menggunakan Snippet  yang sudah disediakan. Kita juga bisamendowload Snippet  dari lama resmi visual studio code. Selain itu visual studio kode juga dapat digunakan untuk membuat website.

histat script