Cara Hapus Database di Phpmyadmin

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara hapus database di phpMyAdmin. Baik melalui xampp, hosting atau cpanel.
  • Desember 14, 2022

Pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara hapus database di phpMyAdmin. Sebelum menghapus database, sebaiknya kita memahami terlebih dahulu struktur database MySQL. Setiap database di MySQL terdiri dari beberapa tabel.

Pengertian phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah alat yang digunakan untuk mengelola database melalui web browser. Tool ini dapat mempermudah pekerjaan kita dalam mengelola database karena menyediakan interface yang mudah digunakan. Untuk menghapus database di phpMyAdmin, ikuti langkah berikut: Buka aplikasi phpMyAdmin Pilih data yang ingin dihapus Klik tab SQL di bagian atas dashboard Ketik DROP DATABASE (nama database yang akan dihapus).

Baca : Cara Membuat Tabel Database Mysql di XAMPP

Jadi, jika kita akan menghapus sebuah database, maka semua tabel di dalam database tersebut juga akan terhapus.
Cara menghapus database di phpMyAdmin cukup mudah. Kamu hanya perlu mengikuti beberapa langkah sederhana saja. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana caranya, simak langkah-langkahnya berikut ini.

Cara menghapus database di phpMyAdmin

cara mengapus database phpmyadmin

A. Langkah-langkah Cara Hapus Database di Phpmyadmin sebagai berikut:

1. Login ke phpmyadmin
2. Pilih database yang akan dihapus
3. Klik menu Database
4. Pilih menu Drop
5. Klik Yes untuk konfirmasi
6. Database berhasil dihapus

B. Cara lain untuk menghapus Database di Phpmyadmin adalah melalui query:

cara hapus database di phpmyadmin

1. Login ke phpmyadmin
2. Klick menu sql , maka otomatis akan muncul halaman untuk memasukan query.
3. Masukan query untuk menghapus database

DROP DATABASE namaDatabase;

4. Ubah denga nama database yang Anda ingin hapus.
5. Klik tombol Go dibawah.
6. Konfirmasi dengan menekan tombol Yes.

 

Cara menghapus database di cmd

Cara menghapus database di cmd

Apakah Anda sedang mencari cara untuk menghapus database di cmd? Jika ya, maka Anda sedang berada di tempat yang tepat. Di artikel ini, kami akan membagikan panduan lengkap yang akan membantu Anda melakukannya dengan mudah. Bagi banyak orang, Command Prompt adalah sesuatu yang tidak terlalu familiar. Ini karena sistem operasi Windows dikembangkan dengan antarmuka pengguna grafis (GUI). Namun, bukan berarti CMD sudah tidak berfungsi lagi. Melakukan perintah-perintah di CMD merupakan salah satu cara alternatif saat mengoperasikan sistem operasi Windows.

Langkah Cara menghapus database di cmd

Tidak semua orang akrab dengan Command Prompt (CMD), karena sebagian besar sistem operasi Windows dikembangkan dengan antarmuka pengguna grafis (GUI). Namun, bukan berarti CMD sudah tidak berguna lagi. Untuk menghapus database di CMD, ikuti langkah berikut:

  1. Login ke konsol MySQL mysql -uroot -p.
  2. Ketik kata sandi akun root MySQL dan tekan Enter.
  3. Selanjutnya hapus database dengan query :
  4.  drop database namaDatabse.

  5. Keluar, ketik exit dan tekan Enter.

Cara menghapus database di Cpanel

Sangat mudah untuk menghapus database yang dibuat melalui cPanel karena cPanel dirancang untuk mudah digunakan. Bagaimana cara menghapus database di cPanel? Ada dua langkah yang perlu Anda lakukan jika ingin menghapus database di cPanel.

Cara menghapus database di Cpanel

Yang pertama adalah menghapus database itu sendiri, dan yang kedua adalah menghapus pengguna database. Kedua langkah ini terletak di menu yang sama, sehingga Anda dapat dengan mudah menghapus database di cPanel.

Berikut langkah-langkah cara menghapus database di cPanel.

1. Silahkan login ke cPanel Anda melalui link domain Anda.

2. Cari dan pilih menu MySQL Databases di bawah bagian Databases.

3. Gulir ke bawah ke bagian Database Saat Ini, lalu klik tombol Hapus di sebelah kanan database yang ingin Anda hapus.

4. Anda akan dibawa ke halaman konfirmasi untuk menghapus database, klik tombol Delete Database untuk mengkonfirmasi dan menghapusnya.

5. Database berhasil dihapus

 

Kesimpulan :

Penting untuk mengetahui cara menghapus database, jika Anda perlu memulai kembali atau menghapus data lama. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan layanan hosting web yang menyediakan panel kontrol dengan alat untuk mengelola situs web Anda. Jika Anda masih bingung, hubungi Second Vision Corp untuk mendapatkan bantuan. Layanan jasa pembuatan website kami  yang dapat memudahkan Anda mengelola database.

 

histat script